Kamis, 17 Mei 2007

Blogs

Siapa sich yang ngak tahu Blog atau Weblog... (kecuali kalau memang ngak pernah main Internet)

Dari remaja sampai orang Dewasa, bahkan para pebisnis, pengusaha, CEO, dsb. Telah banyak yang memiliki Blog. Baik yang versi berbayar maupun yang gratis.

Tapi, diantara sekian banyak orang yang telah memiliki Blog, tidak semuanya mengetahui apa sebenarnya itu Blog, sejarahnya atau asal mula Blog itu sendiri, dsb.

ups.. sorry yach. Bukannya sok tahu gitu. Karena saya sendiri, bisa dikatakan adalah pendatang baru dalam dunia Blogging. So, sama juga seperti kamu... masih dalam tahap pembelajaran.

But, tidak ada salahnya khan... jika kita saling berbagi pengetahuan.....:-)

Ok, kita kembali ke soal yang tadi.

Bukannya apa-apa yach. Tapi, malu khan jika kita sudah lama nge-blog tapi kita sendiri ngak tahu asal mula Blog itu sendiri. Belum lagi kalau kita di tanya sama orang lain tentang apa sich itu Blog atau Tentang Asal mula Blog.

Nah, supaya ngak malu-maluin.

Berikut ini ada beberapa kutipan dari beberapa Blog yang membahas soal sejarah atau asal mula Blog.

Ready...?

Let's Begin......


"Enda Nasution (Seorang Copywriter dan Pemilik dan Penikmat Blog GO BLOG yang selalu mengupdate Blognya setiap hari), pada artikelnya yang berjudul "Sejarah Blog" di situs satusatu.com mengatakan "Blog pertama, kemungkinan besar adalah halaman "What's New" pada Browser Mosaic (First Browser) yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Then, pada Tahun 1994 bulan Januari tepatnya, Justin Hall membuat Web Pribadinya yaitu "Justin's Home Page". Yang akhirnya berubah menjadi "Links from Underground", yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Pada bulan Agustus tahun 1999 (saat itu lagi eranya dot com). Sebuah perusahaan kecil yang berasal dari San Fransisco, yaitu "Pyra Lab" membuat layanan Blog secara online dan gratis. Yang dimana, layanan Blog tersebut memungkinkan setiap orang bisa membuat Blog-nya sendiri, meskipun hanya dengan pengetahuan dasar HTML.

Bahkan sampai sekarang (setelah Blogger di beli oleh Google), fasilitas Blogger tetap bisa digunakan oleh siapapun juga bahkan oleh orang yang awam tentang HTML.

Blog itu sendiri merupakan kependekan dari Weblog yang. Yaitu istilah yang digunakan oleh John Barger sebagai sebutan kepada para pembuat Website pribadi yang selalu meng-update isi website-nya secara periodik dan berisikan Link antar Website yang lain.

Roger Yim, kolomnis San Fransisco mengatakan Blog adalah persilangan antara catatan diari dengan daftar link di internet. Sedangkan Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekadar kumpulan link tapi kurang introspektif dari skadar diari yang tersimpan di dunia maya.

Seperti yang kita saksikan sekarang, fenomena Blog saat ini semakin mewabah, menjamur dimana-mana. Dapat dikatakan telah menjadi sebuah kekuatan baru dalam dunia maya. Bahkan beberapa pakar mengatakan, "lamabat laun posisi website akan tergantikan dengan Blog (keduanya sama tapi beda, kenapa?)

Friendster dan Indosiar adalah dua contoh situs yang memberikan fasilitas blog gratis kepada membernya.

Menurut Seth Godin, ada tiga jenis Blog yang ada, yaitu :
1. CAT BLOGS
Blog yang hanya sekedar cuap-cuap belaka tanpa adanya sharing knowledge.

2. Boss Blogs
Blog untuk komunikasi antar atasan dan bawahan dalam perusahaan

3. Viral Blogs
Blog yang mengubah dan menambah dimensi "Marketing, Jurnalisme, dan penyebaran ide-ide kreatif.....

Siapa bilang nge-blog itu cuma trend atau ikut-ikutan doang ?

Kalau ada yang bilang seperti itu, berarti dia orangnya GAPTEK, sekalipun dia pakar IT, dsb.

Sekarang, bagaimana menurut kamu snediri ?

Makin mantap untuk nge-blog ?


1 Komentar:

Chevin Alfonzo mengatakan...

cuma me ngetest komentar

 

Recent Post

Status Rank


Pendukung

Iklan